Fungsi Administrasi Serta Pengertiannya Secara Umum

Secara umum pengertian administrasi ialah suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian menyerupai perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan. Dalam pengertian administrasi sebagai seni karna seni berfungsi dalam mengujudkan tujuan yang faktual dengan hasil atau manfaat sedangkan administrasi sebagai ilmu yang berfungsi pertanda fenomena-fenomena, bencana sehingga menawarkan klarifikasi yang sebenarnya. Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Sedangkan Pengertian Manajemen secara etimologis ialah seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian administrasi juga dipandang sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan proses mendapat tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Orang yang melaksanakan administrasi disebut dengan manajer.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Pengertian administrasi berdasarkan George.R.Terry yang menyampaikan bahwa pengertian administrasi ialah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata. Pengertian administrasi berdasarkan Encylopedia of the Social Science, menyampaikan bahwa pengertian administrasi ialah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Pengertian administrasi berdasarkan Mary Parker Follet, menyampaikan bahwa pengertian administrasi ialah sebuah seni atau management is an art). Setiap pekerjaan bisa diselesaikan oleh orang lain. Pengertian administrasi berdasarkan James A.F Stoner, yang mengemukakan pendapatnya perihal pengertian administrasi ialah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain biar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Pengertian administrasi berdasarkan Lawrence A. Appley ialah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui perjuangan orang lain. Pengertian administrasi Wilson Bangun ialah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya. Pengertian administrasi berdasarkan Koontz, menyampaikan bahwa pengertian administrasi ialah seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya.



Fungsi Manajemen 
Fungsi administrasi ialah elemen-elemen dasar yang selalu ada dan berada dalam proses administrasi yang menjadi patokan bagi manejer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi Manajemen secara Umum ialah sebagai berikut...

  1. Fungsi Perencanaan (Planning) - Pengertian perencanaan/planning ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan tujuan perusahaan dengan banyak sekali planning untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Perencanaan merupakan cara terbaik dalam mengejar dan menciptakan tujuan perusahaan sanggup tercapai karna perencanaan merupakan proses bab dari fungsi administrasi yang penting karna tanpa perencanaan fungsi-fungsi administrasi berikutnya tidak sanggup berjalan.
  2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing) - Pengertian pengorganisasian/organizing ialah membagi suatu kegiatan besar menjadi suatu kegiatan-kegiatan kecil dengan membagi dalam setiap kiprah biar tercapainya suatu tujuan dengan lebih mudah.
  3. Fungsi Pengarahan (Directing) - Pengertian pengarahan/directing ialah suatu tindakan yang mengusahakan biar semua anggota kelompok untuk berusaha mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

Demikianlah artikel singkat tentang Fungsi Manajemen, semoga bermanfaat pastinya. Sekian dan terima kasih.

Comments

Entri Populer

Mekanisme: Pengertian Prosedur Berdasarkan Para Ahli, Fungsi, & Contohnya

Pengertian Diferensiasi, Jenis, Ciri, & Diferensiasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Taktik Pembelajaran, Fungsi, Istilah, Jenis & Berdasarkan Para Ahli